Rabu, 09 Oktober 2013

KEBUDAYAAN BAGHDAD 2



PILAR-PILAR UTAMA DI KEKHALIFAHAN ABBASIYAH
A.GERAKAN PENERJEMAHAN
Banyak dari naskah-naskah dalam bidang astrologi,kimia,dan kedokteran. Kemudian naskah-naskah filsafat karya aristotelesdan lato juga diterjemahkannamun,karya-karya berupa puisi,drama,cerpen,dan sejarah jarang diterjemahkankarena bidang ini dianggap kurang bermanfaat dan dalam hal bahasa arab sendiri sudah maju
Kemudian seluruhnya dikumpulkan di BAITUL HIKMAH yang berfungsi sebagai perpustakaan pusat pengembangan ilmu pengetahuan.
B. BIDANG FILSAFAT
Pada masa ini pemikiran filsafat mencakup bidang keilmuan yang sangat luas seperti logika, geometri, astronomi, dan music yang dipergunakkanuntuk menjelaskan pemikiran abstrak .garis dan gambar , gerak.
C. HUKUM ISLAM
Terlahirnya karya bidang hukum islam pertama yaitu ( majmu’ al fiqh  karya zaid bin ali yang berisi tentang fiqih syi’ah zaidiyah . hakim agung yang pertama abu  hanifah.
D. PERKEMBANGAN EKONOMI
Pergerakan ekonomi dinasti abbasiyah dominan oleh perdagangan, terdapat berbagai macam industri seperti kain linendi mesir,sutra dari Syria dan irak,kertas dari Samarkand , serta berbagai macam hasil pertanian seperti gandum dari mesir,kurma dari irak dan hamper seluruhnya diperdagangkan dalam ruang lingkup yabg cukup luas. Dan bekerjasama dengan dinasti tang cina sehingga semakin memperbesar kejayaannya.
E. DALAM PERADABAN
Dinasti abbasiyahmenjadi tonggak kejayaan peradaban islam . khalifah-khalifah abbasiyah secara terbuka mepelopori perkembangan ilmu pengetahuan dengan mendatangkan naskah-naskah kuno dari berbagai pusat peradaban sebelumnya  untuk diterjemahkan ,diadaptasi , dan diterapkan dalam dunia islam.
Banyak pula ulama – ulamju ternama yang bermunculan pada masa ini baik ahli di bidang agama maupun non agama,,kemudian didukung juga dengan ekonomi imperium yang menjadi penghubung dunia timur dan barat. Stabilitas politik yang relatif baik juga menjadi pemicu kemajuan peradaban di masa itu.

PENYEBAB RUNTUHNYA DAULAH ABBASIYAH
A.KERUNTUHAN DARI SEGI INTERNAL
1)  mayoritas khalifah abbasiyah periode akhir lebih mementingkan urusan pribadi dan melalaikan tugas dan kewajiban mereka terhadap Negara.
2) luas wilayah kekuasaan sedangkan komunikasi minim dan sulit dilakukan
3) kuatnya pengaruh turki , mengakibatkan kelompok arab dan Persia menaruh kecemburuan pada mereka
4) permusuhan antar kelompok suku dan kelommpok agama
5) merajalelanya korupsi di kalangan pejabat
B.KERUNTUHAN DARI SEGI EKSTERNAL
1) perang salib yang berlangsung beberapa gelombang dan menelan banyak korban
2) penyerbuan tentara mongol dibawah pimpinan hulagu khan yang menghancurkan Baghdad dan menandai berakhirnya dinasti abbasiyah dan muncul kerajaan – kerajaan seperti syafawiah di iran , utsmani di turki , mughal di india.

DAFTAR PUSTAKA
Hassan, Hassan ibrahim.1989.Sejarah dan Kebudayan Islam Jilid 2. Jakarta: Pustaka Alhusna.
Pendmtkuin07.files.worpress.com/…/daulah-abbasiyahmakalah.doc-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar