Jumat, 15 Maret 2013

Mengapa Saya Harus Belajar Cost Accaunting


Mengapa Saya Harus Belajar Cost Acounting
Oleh : Muhammad Bagaskara Pratama
S.1115.171

 

            Akuntansi biaya adalah suatu bidang akuntansi yang diperuntukkan bagi proses pelacakan, pencatatan, dan analisa terhadap biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu organisasi  ataupun badan usaha untuk menghasilkan barang atau jasa. Biaya didefinisikan sebagai waktu dan sumber daya yang dibutuhkan dan menurut konvensi diukur dengan satuan mata uang. Penggunaan kata beban adalah pada saat biaya sudah habis terpakai, Berikut ini merupakan beberapa pendapat para ahli tentan cost accounting atau akuntansi biaya.

1.      Menurut Schaum
Pengertian dari Akuntansi biaya: adalah suatu prosedur untuk mencatat dan melaporkan hasil pengukuran dari biaya pembuatan barang atau jasa. Fungsi utama dari Akuntansi Biaya: Melakukan akumulasi biaya untuk penilaian persediaan dan penentuan pendapatan.
2.    Menurut Carter dan Usry
Pengertian dari Akuntansi Biaya: Penghitungan biaya dengan tujuan untuk aktivitas perencanaan dan pengendalian, perbaikkan kualitas dan efisiensi, serta pembuatan keputusan yang bersifat rutin maupun strategis.
          Dengan demikian dapat dipahami bahwasanya pembelajaran akuntansi biaya sangatlah penting dalam kegiatan perekonomian. Melelaui ilmu akuntansi biaya kita dapat mengetahui berapa gross profit, COGS dan hal penting lainnya yang juga penting dalam kegiatan perekonomian, khususnya dalam jual beli. Dan dengan ilmu akutansi biaya ini pula kita akan sangat terbantu dalam pengambilan keputusan untuk menentukan harga jual.
            Saya bercita-cita ingin menjadi seorang wirausahawan yang sukses, dan sebagaimana kita tahu dalam berwirausaha itu sungguh besar resikonya, tetapi disisi lain ada banyak pula keuntungannya. Seiring pembelajaran saya dibangku kuliah saya selalu mencoba untuk meminimalisir ketakutan saya atas resiko tersebut. Rasa takut itu telah terkikis sedikit demi sedikit oleh bermacam hal, mulai dari hadist Nabi yang mengatakn bahwa Sembilan dari sepuluh pintu rezeki ada di berniaga dan saya rasa wirwusaha jelas termasuk dalam berniaga tersebut, dan ada juga berbagai cerita dan pengalaman berwirauasaha orang lain. Mulai dari orang-orang sekitar saya hingga wiarausahawan yang telah terkenal yang saya pelajari lewat buku-buku yang mereka tulis.
            Dengan mempelajari cost accounting ini saya harap dapat banyak mengikis rasa takut saya akan resiko dalam berwira usaha. Karna dengan perhiyungan yang terprinci tentunya akan banyak meminimalisir kerugian yang tentunya akan terjadi ketika saya akan mulai berwirausaha nanti.          

2 komentar: