Rabu, 20 Maret 2013

Apasih Ulang Tahun Itu ... ?

  
     Apasih sebenarnya ulang tahun itu ? kita tentunya telah tak asing lagi dengan istilah ulang tahun ini. Karna tentunya pernah beberapa kali atau bahkan puluhan kali (buat yang udah tua) merayakan hari ulang tahun. Lantas apakah anda sudah tahu makna dari ulang tahun itu sendiri ? dan lagi, bagaimana pandangan Islam pada perayaan hari ulang tahun ? untuk lebih jelasnya akan dibahas di beberapa paragraf dibawah ini.

     Menurut wikipedia, Ulang tahun adalah hari kelahiran seseorang, menandai hari dimulainya kehidupan di luarrahim. Dalam beberapa kebudayaan, memperingati ulang tahun seseorang biasanya dirayakan dengan mengadakan pesta ulang tahun dengan keluarga dan/atau teman. Hadiah sering diberikan pada orang yang merayakan ulang tahun. Pada saat seseorang ulang tahun, sudah menjadi kebiasaan untuk memperlakukan seseorang secara istimewa pada hari ulangtahunnya. 

     Adapun jawaban terbaik dari Yahoo Answer dari saudari Yani mengenai makna ulang tahun katanya, "Makna ultah, bagiku merupakan satu nasehat bahwa aq sudah sekian tahun hidup di dunia ini. Artinya semakin berkurang waktu yang diberikan Allah untuk menjalani hidup di dunia. Dalam jangka waktu yang telah dijalani itu apakah aq sudah mensyukuri nikmat umur yang diberikanNya padaku? Apakah aq sudah menggunakan umurku untuk persiapan dikehidupan berikutnya? Apakah aq sudah menggunakan umurku untuk di jalan Allah? Apakah aq selama ini telah menyia-nyiakan umur yang diberikan Allah kepadaku? Bagiku makna ultah bukan hura2 dan kesenagan duniawi semata melainkan waktu untuk merenung dan introspeksi diri apakah umur yang telah diberikan Allah telah kugunakan dengan benar di jalan Allah."

     Perbedaan pendapat tentang pengertian atau makna dari ulang tahun itu mungkin saja berbeda-beda, dan tentunya perbedaan itu sah-sah saja, karna perbedaan pendapat ini berbeda dengan perbedaan pendapat dibidang syari'at agama antara para ulama, yang urusannya ribet beut karna menyangkut dunia akherat. Sedangkan jika pendapat saya dan anda berbeda tentang makna ulang tahun, yaudah sih bodo amat, elo elo gue gue dong ... 

     Sedangkan menurut saya, yang dilahirkan hari Sabtu tanggal 21 Maret 21 tahun lalu, hari ulang tahun itu merupakan hari yang biasanya saya mendapatkan perhatian yang lebih dari orang-orang terdekat saya, adapun ucapan selamat dan do'a-do'a positif yang terpanjat merupakan ni'mat tersendiri, hari ulang tahun adalah waktu yang tepat untuk bermuhasabah atau instrkpeksi diri. bermuhasabah tentang kesalahan yang telah lalu, target-target karir yang belum tercapai dan lain sebagainya. 

     Sedangkan dalam perayaan hari ulang tahun itu sendiri saya kurang suka yang berlebihan, mungkin cukup dengan makan bersama keluarga di luar atau mentraktir beberapa teman dekat (itu pun kalo ditagih secara paksa he he ...).Terkait dengan perayaan hari ulang tahun ini majalah Islam ASYARI'AH mengatakan "Ada saudara-saudara kami, kaum muslimin, yang menyelenggarakan perayaan ulang tahun untuk diri mereka dan anak-anak mereka. Apa sebenarnya pandangan Islam dalam masalah “ulang tahun” ini?
Jawab:
Asal dalam perkara ibadah adalah tauqif/berhenti di atas nash (dalil Al-Qur’an dan as-Sunnah). Oleh karena itu, seseorang tidak boleh melakukan ibadah yang tidak disyariatkan oleh Allah l, berdasar sabda Nabi n dalam hadits yang sahih:
مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ
“Siapa yang mengada-adakan sesuatu dalam perkara kami ini padahal bukan bagian darinya maka amalan yang diada-adakan itu tertolak.”
Demikian pula sabdanya n:
مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ علَيْهَا أمرنا فَهُوَ رَدٌّ
“Siapa yang mengamalkan satu amalan yang tidak di atas perintah kami maka amalan tersebut tertolak.”
Perayaan ulang tahun adalah satu macam ibadah yang diada-adakan dalam agama Allah l. Dengan demikian, memperingati ulang tahun siapa pun tidak boleh dilakukan, bagaimanapun kedudukan atau perannya dalam kehidupan ini".

     Majalah tersebut memasukan perayaan ulang tahun kepada sesuatu yang dilarang, karna tidak diperintahkan atau tidak dicontohkan oleh agama. Tapi menurut saya perayaan ulang tahun itu bukanlah bentuk dari ibadah yang dimaksud diatas, karna memang al ashlu fil 'ibadah mamnuu'un hatta dalla addaliil yadullu 'ala tahliilihi yang berarti asal dari segala bentuk ibadah adalah terlarang atau haram hingga ada dalil yang menghalalkannya atau memerintahkannya. Sedangkan perayaan ulang tahun adalah bentuk kegiatan ber mu'amalah yang asal hukumnya adalah halal hingga ada dalil yang meng haramkannya terkait dengan dalil yang berbunyi Al ashlu fil mu'aamalah al ibaahah hatta dalla addaliil yadullu 'ala tahriimihaa. 

     WaLLAHU a'lam bishowab. 

2 komentar: