Jumat, 15 Maret 2013

Buat Loe Semua Yang Mau Nge Up-Grade Byson Loe.


Selasa, 28 Desember 2010 15:16 WIB
Tips Performance Yamaha Byson
Upgrade Performa Yamaha Byson, Andalkan Part Plug n Play
Jakarta - Penampilan Yamaha Byson emang membius motormania. Ibaratnya, sosok pria yang doyan fitness! Namun beda jika bicara performa, dikeluhkan masih kurang nendang. Terutama akselerasi yang terlalu smooth, top speed juga kurang.

Namun hal itu bukan perkara sulit buat dipecahkan. Bisa dicari solusinya, tentu lewat upgrade performa. Salah satu yang sudah membuktikan Mislan, warga daerah Cipulir, Kebayoran Lama, Jaksel.

Cukup dengan komponen yang tergolong plug n play, tenaga yang dikatrol lumayan banyak lho, putaran mesin bisa didongkrak tinggi. Sehingga akselerasi dan top speed meningkat. Wuih mantap, dong!

Mau bukti? Nih dari hasil pengukuran dynamometer milik Ultraspeed Racing (UR), di Jl. HOS Cokroaminoto No.42, Ciledug, Tangerang. Setelah dioprek jadi 13,34 dk/8.654 rpm, torsi 12,6 Nm/5.900 rpm.

Power naik 1,78 dk dan torsi 0,1 Nm dari kondisi standar yang hanya 11,56 dk/7.708 rpm dan 12,5 Nm/5.611 rpm. Nah koreksi tenaga terbaca jelas dari pencapaian peak power, di mana tercapai pada rpm lebih tinggi. Dan jika standar setelah peak power tenaga langsung turun tajam, hasil modif masih manteng hingga 11 ribu rpm.

Mau tahu ubahan detail yang dilakukan Bie Hau dari bengkel Samudra Jaya Motor (SJM) ini? Yuk kita bedah,
Knalpot

Komponen yang banyak dituding bikin tarikan berat salah satunya knalpot, lantaran terlalu banyak lekukan dan kotak seperti tembolok berisi catalytic converter berhambatan besar. Fungsinya sih, sangat baik, untuk mengurangi emisi gas buang.

Nah gantinya knalpot tipe free flow bikinan Stanlee. Bahannya stainless steel dibikin tak banyak lekukan dan hambatan. Efeknya gas buang jadi mengalir lancar, tarikan pun makin cepat.

Pengapian

Pengatur pengapian diandalkan bikinan BRT tipe terbaru, Power Max Dual Band. Paling kentara limiter-nya terkoreksi jauh lebih tinggi, mencapai 12.000 rpm, standarnya 9.500 rpm sudah brebet. Nah dari sini kentara nafas mesin lebih panjang, top speed meningkat.

Tak cukup itu, koil pakai yang berkemampuan lebih tinggi, Blue Thunder. Dan masih ditambah koil booster bikinan APS Motomax, tipe Strom. “Bantu pengapian dari bawah hingga atas,” promo mekanik di Jl. Joglo Raya No. 230, Jakbar ini. 

Karbu model konvensional, jauh lebih responsif (kiri). BRT Power Max Dual Band, limiter jauh lebih tinggi (kanan)
Karburator

Pengabut bahan bakar bawaan motor tipe vakum, bagi speedgoers dianggap kurang responsif. Makanya dilengserkan, gantinya model skep konvensional yaitu Keihin PE 28. Pemasangan tetap pakai intake manifold standar, “Hanya karetnya pakai slang radiator mobil,” terang Bie Hau.

Paduannya filter minim hambatan bikinan Koso. Nah setelah diseting, spuyernya ketemu kombinasi pilot jet 42 dan main jet 110.  (motorplus.otomotifnet.com)
 Data performa   

 Upgrade
 Kenaikan
 Tenaga
 Standar
 11,56 dk/7.708 rpm
 13,34 dk/8.654 rpm
 1,78 dk
 Torsi
 12,5 Nm/5.611 rpm
 12,6 Nm/5.900 rpm
 0,1 Nm
 Samudra Jaya Motor : 0816-1976566   
 Ultraspeed Racing : 021-93858080   

 Part dan Jasa

 Koil Blue Thunder
 Rp 150.000
 APS Motomax Strom
  Rp 250.000
 CDI BRT Power Max Dual Band
 Rp 500.000
 Filter Koso
 Rp 125.000
 Karburator Keihin PE 28
 Rp 600.000
 Knalpot Stanlee
 Rp 650.000
 Jasa
 Rp 200.000
 Total
 Rp 2.475.000

1 komentar:

  1. Salam kenal!!
    Info postingan yang sangat bagus :)

    Kami juga menyediakan buku berjudul, "Teknisi Otodidak Sepeda Motor Bebek : Belajar Teknik dan Perawatan Kendaraan Ringan Mesin 4 Tak". dapatkan bukunya hanya di : www.honbookstore.com

    http://www.honbookstore.com/2013/09/teknisi-otodidak-sepeda-motor-bebek.html

    Silahkan kunjungi dan pilih2 buku berkualitas lainnya di : www.honbookstore.com
    Dapatkan diskon gede2an hingga 15%. :D

    Jangan lupa silahkan tinggalkan jejak alias komen di : Hon Book Store :)

    BalasHapus